Search for collections on Repository UNAMIN

PENGEMBANGAN PENILAIAN BERKARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA

ABU SOFYAN, ABU and JONDEWAY ANDI HASAN, HASAN and ASWAD MUHDAR, ASWAD and ISMAIL MUNADI SANGADJI, ISMAIL (2023) PENGEMBANGAN PENILAIAN BERKARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA. PENGEMBANGAN PENILAIAN BERKARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA. pp. 1-19.

[thumbnail of Pengabdian 19 hlm] Text (Pengabdian 19 hlm)
PENGEMBANGAN PENILAIAN BERKARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA.pdf

Download (854kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and
Development). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat
penilaian berkarakter melalui penerapan modelling pada materi pokok membaca
yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Kevalidan diperoleh
berdasarkan penilaian para ahli/validator terhadap perangkat penilaian kinerja
yang dibuat, kepraktisan meliputi keterlaksanaan perangkat penilaian ber dan
karakter keefektifan meliputi pencapaian KKM secara klasikal, aktivitas siswa
serta respon siswa terhadap penilaian berkarakter.
Proses pengembangan penilaian berkarakter melalui penerapan modelling
pada materi membaca mengacu pada model pengembangan 4-D yang terdiri dari
empat tahapan yaitu (1) tahap pendefenisian (define); pada tahap ini dilakukan
analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas, dan spesifikasi
tujuan, (2) tahap perancangan (design); pada tahap ini dirancang perangkat
penilaian berkarakter melalui penerapan modelling pada materi pokok membaca
cerita anak dengan kegiatan meliputi penyusunan tugas, pemilihan format, dan
perancangan awal, (3) tahap pengembangan (develop); pada tahap ini kegiatan
yang dilakukan adalah validasi ahli dan uji coba dan (4) tahap penyebaran
(disseminate); pada tahap ini hanya dilakukan dalam bentuk sosialisasi terbatas
pada guru bahasa Indonesia yang ada di lingkungan sekolah untuk memperoleh
saran perbaikan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat penilaian berkarakter
melalui penerapan modelling pada materi membaca yang dikembangkan
memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif berdasarkan penilaian validator dan
hasil uji coba yang dilaksanakan pada siswa kelas V SD Muhammadyah 2 Kota
Sorong
Kata Kunci: Pengembangan, Pembelajaran, Membaca

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: library unamin
Date Deposited: 23 Aug 2023 01:51
Last Modified: 23 Aug 2023 02:13
URI: http://repository.um-sorong.ac.id/id/eprint/69

Actions (login required)

View Item
View Item