Search for collections on Repository UNAMIN

KEEFEKTIFAN STRATEGI KOOPERATIF DALAM MENYIMAK DONGENG

ABU SOFYAN, ABU and Tusana Nurul Safaah, Nurul and Sulkipli M, Zul (2023) KEEFEKTIFAN STRATEGI KOOPERATIF DALAM MENYIMAK DONGENG. KEEFEKTIFAN STRATEGI KOOPERATIF DALAM MENYIMAK DONGENG. pp. 1-19.

[thumbnail of Penelitian 19 hlm] Text (Penelitian 19 hlm)
KEEFEKTIFAN STRATEGI KOOPERATIF DALAM MENYIMAK DONGENG.pdf

Download (341kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan kemampuan menyimak dongeng
siswa kelas VIII SMP Semen Tonasa 1 Kabupaten Pangkep dengan menerapkan
strategi Kooperatif. (2) Mendeskripsikan keefektifan strategi kooperatif dalam
pembelajaran menyimak dongeng siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Kota Sorong
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian
eksprimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa V SD Muhammadiyah 1
Kota Sorong berjumlah 50 orang yang terbagi ke dalam dua kelas. Sampel penelitian
untuk kelas eksperimen dan kontrol masing-masing berjumlah 25 orang. Penarikan
sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang
digunakan, yaitu observasi dan tes. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data
penelitian ini, yaitu observasi dan tes. Data yang terkumpul dalam penelitian dianalisis
dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial jenis
uji t yang diolah melalui program SPSSX 19.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Hasil pembelajaran kemampuan menyimak
dongeng siswa V SD Muhammadiyah 1 Kota Sorong dengan menerapkan strategi
pembelajaran kooperatif dikategorikan tinggi dan telah mencapai ketuntasan belajar.
Hal ini dibuktikan dengan nilai yang diperoleh siswa mencapai kriteria yang
ditetapkan, yaitu mencapai 100% atau sebanyak 25 siswa yang mendapat nilai 70 ke
atas. Berbeda dengan hasil pembelajaran apresiasi cerpen tanpa menerapkan strategi
pembelajaran kooperatif dikategorikan sangat rendah dan belum mencapai ketuntasan
belajar karena nilai yang diperoleh siswa belum mencapai kriteria yang ditetapkan,
yaitu tidak ada (0%) yang memeroleh nilai 70 ke atas. (2) Strategi pembelajaran
kooperatif efektif diterapkan dalam pembelajaran apresiasi cerpen. Perbandingan hasil
kemampuan kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa nilai t tabel. Hal
ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian yang diajukan diterima.
Kata Kunci : Keefektifan, Menyimak, Dongeng

Item Type: Article
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Depositing User: library unamin
Date Deposited: 24 Aug 2023 02:19
Last Modified: 24 Aug 2023 02:19
URI: http://repository.um-sorong.ac.id/id/eprint/72

Actions (login required)

View Item
View Item