Search for collections on Repository UNAMIN

THE CORRELATION BETWEEN LANGUAGE LEARNING STRATEGY AND STUDENTS’ THINKING STYLES OF ENGLISH DEPARTMENT AT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SORONG

Arbaida fataha, Arbaida fataha (2024) THE CORRELATION BETWEEN LANGUAGE LEARNING STRATEGY AND STUDENTS’ THINKING STYLES OF ENGLISH DEPARTMENT AT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SORONG. Diploma thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[thumbnail of 67]
Preview
Text (67)
Skripsi Arbaida Fataha.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Arbaida Fataha. The Correlation Beetween Language Learning Strategy and
Students’ Thinking Styles of English Department at Universitas Muhammadiyah
Sorong (Dibimbing oleh Ruslan Hasyim dan Kris Uluelang).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara strategi pembelajaran
bahasa dengan gaya berpikir mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris Universitas
Muhammadiyah Sorong. Ada tiga strategi yang digunakan dalam penelitian ini,
yaitu strategi metakognitif, strategi afektif dan strategi sosial. Jumlah sampel
adalah 20 siswa, peneliti menggunakan angket untuk mengumpulkan data. Dalam
mengumpulkan data, peneliti menyebarkan angket kepada mahasiswa jurusan
Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Sorong secara langsung. Kuesioner
terdiri dari 35 pernyataan yang terdiri dari 15 pertanyaan untuk variabel strategi
pembelajaran bahasa dan 20 pertanyaan untuk variabel gaya berpikir siswa. Hasil
penelitian berdasarkan analisis kuesioner menunjukkan bahwa strategi
pembelajaran bahasa siswa memiliki hubungan yang signifikan dengan gaya
berpikir siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (H1)
diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Hal ini terlihat dari hasil koefisien
korelasi atau r yang diperoleh (0,630) yang lebih rendah dari r-tabel (0,1779),
sehingga tingkat probabilitas (p) signifikansi (sig.2-tailed) adalah 0,003. Ini
berarti p(.003) lebih rendah dari .05. Artinya ada hubungan yang signifikan antara
strategi pembelajaran bahasa mahasiswa dengan gaya berpikir mahasiswa Jurusan
Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Sorong.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Bahasa, Gaya Berpikir Mahasiswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: library unamin
Date Deposited: 15 May 2024 07:34
Last Modified: 15 May 2024 07:34
URI: http://repository.um-sorong.ac.id/id/eprint/93

Actions (login required)

View Item
View Item