Search for collections on Repository UNAMIN

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS VII SMP NEGERI 7 KOTA SORONG

IBRAHIM RUMASILAN, IBRAHIM RUMASILAN (2024) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS VII SMP NEGERI 7 KOTA SORONG. Other thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[thumbnail of 136]
Preview
Text (136)
SKRIPSI ASLI IBRAHIM RUMASILAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nama : Ibrahim Rumasilan
Program Studi : Pendidikan Matematika
Judul : Penerapan Strategi Pembelajaran Problem
Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa Pada Kelas VII SMP Negeri 7
Kota Sorong.
Sorong, Pembimbing 1. M. Ruslan Layn. S.pd.,M.pd
2. Rahmatullah Bin Arsyad. S.pd.,M.pd
Penelitian yang berjudul “penerapan strategi pembelajaran problem based
learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas VII SMP negeri
7 kota sorong”bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar
matematika dikelas VII SMP negeri 7 kota sorong setelah penerapan model
pembelajaran problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas, Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Vll SMP
Negeri 7 Kota Sorong yang berjumlah 20 siswa dan 1 guru pengampu pada
mata pelajaran matematika. Hasil belajar siswa diukur menggunakan
berbagai instrument. Penilaian pengetahuan siswa dilakukan menggunakan
tes soal, selain itu peneliti juga melakukan observasi dan dokumentasi.
Analisi data dalam penelitian ini dilakukan teknik analisis data kualitatif dan
kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based
learning (PBL) sangat membantu dalam menigkatkan hasil belajar siswa.
Dikarenakan siswa akan lebih tertarik untuk belajar dan siswa akan menjadi
lebih aktif. Model pembelajaran problem based learning (PBL) sangat
berperan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran dengan
model pembelajaran problem based learning, hal ini dapat di lihat dari hasil
observasi yang peneliti lakukan dari siklus I dan siklus II yang menunjukkan
adanya peningkatan hasil belajar siswa yang didapat setiap siklusnya,
setelah dilakukannya tindakan siklus I nilai rata-rata siswa 66,75 dengan
jumlah siswa yang berhasil 11 siswa (55%) dan selanjutnya mengalami
peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata siswa 79,5 dengan jumlah
siswa yang berhasil 19 siswa dari 20 siswa (95%). Hasil penelitian ini
menyarankan agar guru menggunakan model pembelajaran problem based
learning dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: library unamin
Date Deposited: 19 Jul 2024 06:14
Last Modified: 19 Jul 2024 06:14
URI: http://repository.um-sorong.ac.id/id/eprint/158

Actions (login required)

View Item
View Item