MUHAMMAD ALIF WIRA, MUHAMMAD ALIF WIRA (2024) GAMIFIKASI KEGIATAN PENGENALAN LINGKUNGAN KAMPUS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SORONG MENGGUNAKAN GODOT ENGINE. Other thesis, Fakultas Teknik.
Gamifikasi kegiatan pengenalan lingkungan kampus universtas muhammadiyah sorong dengan godot engi.pdf
Download (2MB) | Preview
Abstract
Pengenalan lingkungan kampus menjadi salah satu hal yang penting bagi tiap
mahasiswa untuk mengenali lingkungan kampus yang akan mereka gunakan untuk
belajar nantinya. Namun, terdapat permasalahan dalam pengenalan lingkungan
kampus secara online pada tahun 2020, yang dinilai tidak efektif dalam
penyampaian materi dan dianggap membosankan bagi partisipan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa dalam user research, partisipan merasa bosan dengan
pengenalan lingkungan kampus secara online, dan lebih memilih media alternatif
seperti game untuk pengenalan lingkungan kampus. Metode analisis naratif juga
digunakan, dan hasilnya menunjukkan bahwa Generasi Z (Gen Z) memiliki minat
yang tinggi dalam bermain game. Melalui user validation dan playtesting, hasil
penelitian menunjukkan bahwa game yang dikembangkan memberikan kontribusi
positif dengan presentase kepuasan sebesar 81.8%, berdasarkan tanggapan dari 11
responden. Game ini dianggap membantu calon mahasiswa baru untuk lebih
interaktif dan mengenal lingkungan tempat mereka akan berkuliah. Metode
pengembangan game yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle.
Keyword: Pengenalan lingkungan kampus, Video game, Godot Engine.Multimedia
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
Depositing User: | library unamin |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 02:02 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 02:02 |
URI: | http://repository.um-sorong.ac.id/id/eprint/198 |