Search for collections on Repository UNAMIN

EFEKTIVITAS PELAYANAN PERIZINAN NELAYAN PADA KANTOR KESYAHBANDARAN PELABUHAN PERIKANAN PANTAI SORONG

APRILIA, APRILIA (2025) EFEKTIVITAS PELAYANAN PERIZINAN NELAYAN PADA KANTOR KESYAHBANDARAN PELABUHAN PERIKANAN PANTAI SORONG. EFEKTIVITAS PELAYANAN PERIZINAN NELAYAN PADA KANTOR KESYAHBANDARAN PELABUHAN PERIKANAN PANTAI SORONG.

[thumbnail of skripsi] Text (skripsi)
Skripsi Aprilia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstrak

Skripsi dengan judul “Efektivitas Pelayanan Perizinan Nelayan pada Kantor Kesyahbandaraan Pelabuhan Perikanan Pantai Sorong” ini ditulis oleh Aprilia, NIM. 202063201036. Pembimbing I : NurHidaya, S.Sos., M.Si. Pembimbing II : Siti Nurjannah., M.Si.
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui prosedur pelayanan perizinan nelayan pada Kantor Pelabuhan Kesyahbandaran Perikanan Pantai Sorong, Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi efektivitas pelayanan perizinan nelayan pada Kantor Kesyahbandaran pelabuhan perikanan Pantai Sorong, Untuk mengetahui kendala dan upaya yang harus dilakukan dalam meningkatkan pelayanan perizinan pada Kantor Kesyahbandaraan Pelabuhan Perikanan Pantai Sorong
Metode penelitian dengan menggunkan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data, data yag dikumpukan dalam penelitian ini baik data primer maupun sekunder diteliti kembali guna mengetahui kelengkapan data yang diperoleh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pelayanan pada kantor kesyahbandaran Pelabuhan Perikanan Pantai Sorong masih belum efektif, sebab masih banyak masyarakat yang mengeluh terkait pelayanan yang diberikan pada Kantor Kesyahbandaraan Pelabuhan Perikanan Pantai Sorong, dari kesederhanaan prosedur yang masih dianggap ribet, kejelasan biaya yang seharusnya tidak ada biaya pada kantor ditarifkan biaya kepada masyarakat, ketepatan waktu belum maksimal. Faktor yang mempengaruhi efektivitas pelayanan perizinan yaitu sumber daya aparatur, pengembangan sumber daya manusia, sistem informasi dan sosialisasi, kesadran masyarakat, sarana dan prasarana. Upaya yang di lakukan untuk meningkatkan efektivitas pelayanan perizinan yaitu dengan adanya pengawasan dan pengendalian,, melakukan evaluasi, melakukan sosialisasi kepada masyarakat.
Kata Kunci: Efektivitas, kesyahbandaraan, pelayanan publik

Tipe Item: Artikel
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: library unamin
Date Deposited: 07 May 2025 06:24
Last Modified: 07 May 2025 06:24
URI: http://repository.um-sorong.ac.id/id/eprint/265

Actions (login required)

View Item
View Item