Search for collections on Repository UNAMIN

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP IT AL-IKAS KABUPATEN RAJA AMPAT

SITI QOMARIA, YELFOM (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP IT AL-IKAS KABUPATEN RAJA AMPAT. Undergraduate (S1) thesis, Ilmu Pendidikan dan Keguruan.

[thumbnail of Skripsi] Teks (Skripsi)
PROPOSAL SITI (3).pdf
Restricted to Penulis dengan Akun Terdaftar Saja

Download (4MB)

Abstrak

Siti Qomaria Yelfom. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Dibimbing oleh : Muhamad Ruslan Layn dan Rahmatullah Bin Arsyad

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk Mengetahui adanya perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara kelas yang diterapkan dengan model pemebelajaran problem based learning dengan pembelajaran konvensional. (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep setelah diterapkan model pembelajaran problem based learning pada materi aritmatika sosial., Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP IT Al Ihklas Kabupaten Raja Ampat, yaitu VII A sampai VII B. Dalam penelitian ini sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, dengan teknik tersebut diperoleh siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional. Berdasarkan hasil posttest diperoleh siswa pada kelas eksperimen mencapai ketuntasan individual akan tetapi tidak mencapai ketuntasan klasikal. Hasil analisis hipotesis pertama diperoleh thitung > ttabel (1,835 > 1,695) dan zhitung < z0,45 (0,264 < 1,64). Hasil analisis hipotesis kedua diperoleh thitung > ttabel (3,161 > 1,997) dengan rata-rata hasil posttest kelas eksperimen 78,578 dan kelas kontrol 68,636. Hal ini berarti kemampuan pemahaman konsep siswa yang memperoleh materi pembelajaran dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep siswa yang memperoleh materi pembelajaran dengan model konvensional. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh simpulan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa yang memperoleh materi pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning mencapai ketuntasan individual akan tetapi tidak mencapai ketuntasan klasikal dan rata-rata hasil belajarnya lebih baik daripada rata-rata hasil belajar kelas kontrol.

Tipe Item: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Undergraduate (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Lembaga/Fakultas/Jurusan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: library unamin
Date Deposited: 03 Jun 2025 06:20
Last Modified: 03 Jun 2025 06:20
URI: http://repository.um-sorong.ac.id/id/eprint/269

Actions (login required)

View Item
View Item